Terima kasih untuk Ibu Sotya Mayangwuri, S.Psi., Ms.Ed.,yang telah memberikan saya kesempatan untuk menambah pengetahuan saya mengenai Psikologi Pendidikan. Blog ini berjudul MIRACLE karena sesuai dengan tema yang diberikan yaitu Andai Aku menjadi Guru. Setiap orang tidak hanya memiliki impian tetapi orang tersebut dapat mewujudkan impiannya.Perwujudan impian merupakan sebuah miracle dalam kehidupan seseorang. Merubah sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Merci beaucoup.

Pengalaman menjadi guru

Dari kecil saya tidak bercita-cita menjadi seorang guru. Saya juga merasa bahwa saya bukan orang yang dapat mengajar orang lain. Pada semester empat akhir, saya memiliki keinginan untuk bekerja. Alasan saya ingin bekerja yaitu saya ingin menambah pengetahuan dan belajar untuk mandiri. Akhirnya saya mencari pekerjaan part time atau magang melalui internet. Dari sekian banyak perusahaan yang saya lamar, hanya satu yang menjawab lamaran saya tetapi perusahaan tersebut ingin saya bekerja selama empat bulan. Saya menolak pekerjaan tersebut karena menganggu waktu kuliah saya. Tidak lama setelah itu, teman saya menawarkan saya untuk mengajar seorang yang berkebutuhan khusus. Tanpa pikir panjang, saya langsung menerima pekerjaan tersebut. Pengalaman pertama saya mengajar yaitu grogi, bingung mengenai apa yang ingin diajarkan, dan mengalami kesusahan dalam melakukan pendekatan dengan orang yang saya ajar apalagi dia merupakan individu yang berkebutuhan khusus. Saya mulai menambah pengetahuan saya akan masalah yang dialaminya dan teknik mengajar untuk individu yang berkebutuhan khusus. Setiap pengajaran, saya mencoba meningkatkan teknik mengajar saya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sekarang saya merasa enjoy dalam mengajar dan hanya satu tujuan saya yaitu orang yang saya ajar dapat mengalami kemajuan setiap pertemuan. Menurut saya, saya dapat mengajar itu merupakan suatu keajaiban  (miracle).   Banyak hal yang saya dapat selama mengajar. Tips yang dapat saya bagikan yaitu bagi kita yang ingin mengajar, ciptakanlah suasana pengajaran yang nyaman untuk diri kita sendiri dan orang yang kita ajarkan, menjalin hubungan yang baik dengan orang yang kita ajarkan, menambah pengetahuan dan keahlian mengajar, buatlah suatu perencanaan mengajar dengan baik, terapkanlah materi yang tepat dalam pengajaran, memiliki tanggung jawab, disiplin, memiliki rasa peduli akan kemajuan orang yang kita ajar, membagikan nilai-nilai hidup yang sudah dimiliki, dan lain-lain. Karena kita makhluk yang beriman maka sepatutnya kita berdoa sebelum memulai pengajaran. Jadi, janganlah hanya berandai untuk menjadi seorang guru namun jadikanlah itu kenyataan yang dapat merubah hidupmu dan hidup orang lain.
Sebagai penutup, ada video saat anak didik saya sedang makan dan saya mengajar anak didik cara makan yang baik.

video

Silakan berbagi pengalamanmu di blog ini...



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan Anda. Powered by Blogger.